Sabtu, 04 Februari 2012

Silent Reader

silent reader

Silent Reader

THEY MAY WATCH ON YOU BUT YOU DON'T

Silent reader jika diartikan dari segi bahasa yaitu pembaca yang diam.Akan tetapi bukan berarti diam disini dia bacanya mesti dalam hati.Silent reader didunia nyata dan maya tidak bisa disamakan.Kalau didunia nyata mungkin Silent reader adalah seorang pembaca yang memang benar-benar diam /membaca didalam hati.Tapi kalau didunia internet,Silent reader adalah pembaca blog yang sama senang berkunjung ke blog tersebut tapi tanpa meninggalkan jejak apapun,baik berupa komentar,saran maupun kritik


Silent reader hampir mirip dengan anonymous,misterius dan tidak menampakkan identitasnya.Akan tetapi,berbeda dengan anonymous,Silent reader terkesan pasif, tidak menampakkan wujud barang sekatapun dalam mengapresiasi suatu tulisan.Akan tetapi anonymous sering bersifat agresif, meluncurkan spam, cacian bahkan sekedar pujian yang terkadang tidak nyambung dengan konteks bacaan.sungguh menyedihkan

Sebagai penulis suatu blog,berbeda dengan sebagai penulis buku didunia nyata.Tentu kita ingin tahu siapa saja yang membaca tulisan kita dan Hampir semua penulis pasti akan merasa gembira bila artikel yang ia tulis di baca orang. Karena memang itulah tujuan semua penulis.

Maka tak heran berbagai trik dilakukan untuk menarik pembaca berkunjung. Mulai judul yang menjebak, provokatif sampai penggunaan huruf kapital yang mencolok.

Bahkan bila bisa menggunakan judul huruf berwarna,serta berbagai trik lain seperti penggunaan desain dan css yang memanjakan mata pembaca,namun tetap,cuma anonymous yang bakal muncul,sedangkan sang silent reader tetap misterius.

Kebanyakan penulis punya perasaan sama. Semakin banyak yang membaca tulisannya, semakin senang lah hati. Bila ada yang berkomentar kesenangan itu semakin bertambah. Lalu saat ada yang mengapresiasi apa yang di sampaikan melalui pujian , walau mungkin sekedar basa - basi . maka kebahagian itupun mencapai puncaknya. Terakhir saat ada pembaca yang memberikan vote, maka di hati hanya ada satu kata, sempurna.

Bagi penulis pemula seperti Yang Penting Share,tidak bisa dielakkan jumlah pembaca, komentar dan vote menjadi semacam suplemen untuk terus semangat berkarya. Apalagi bila komentar itu datang dari penulis yang menjadi favorit kita. Atau penulis yang sudah punya nama besar di Kompasiana. ( Saya yakin setiap penulis masing - masing punya favorit.Termasuk bila yang ia favoritkan adalah dirinya sendiri).

silent reader

Tapi terkadang,tulisan kita semakin hari semakin banyak. Tentu nyaris tak mungkin untuk mengetahui siapa saja yang telah membaca artikel yang kita tulis.Satu - satunya jalan untuk tahu si pembaca hanyalah dari komentar yang ia tinggalkan. Bila si pembaca tak berkomentar jadilah ia sosok yang disebut Silent reader.

Alasan orang menjadi silent reader tentu bermacam - macam.Saya pun pernah mejadi silent reader.Bisa jadi karena ia tak punya akun di blogger atau wordpress itu, tidak tahu mau komentar apa (bingung karena topik nya berat), merasa tak cukup penting untuk berkomentar, artikel kita kurang menarik untuk dikomentari, sudah terlalu banyak komentar di artikel atau komentar yang ingin ia sampaikan telah ada yang mewakilinya. Dan berbagai alasan pribadi lainnya.Yang sering menjadi alasan saya adalah karena tidak mengerti dengan topik tulisan

Pembaca yang memilih menjadi silent reader biasanya karena mereka menganggap cukuplah menjadi penikmat atau kadang - kadang jadi pengamat. alasannya lebih aman dan nyaman. Apalagi kadang tanpa sengaja kita terjebak untuk berkomentar salah. Atau dibuat salah oleh pemilik tulisan. Ingat ! Tulisan yang di publish bisa di edit ulang oleh pemiliknya menjadi berubah sama sekali, sedang komentar kita tidak. Bahkan saat komentar ter-submit , kita hanya bisa pasrah. Menghapusnya pun sudah tak bisa.itulah juga alasan orang menjadi silent reader.

The last,Silent reader itu benar benar nyata,so sebagai blogger,kita tak mesti khawatir bila tulisan kita tak mendapatkan apresiasi berupa komentar ataupun kritikan.Ada silent reader yang menjadi secret admirer bagi blog sobat.Dan juga,menjadi silent reader adalah suatu pilihan ketika sobat bingung dalam menuliskan suatu komentar ataupun apresiasi lainya.demi menghindari kesalahpahaman antara isi tulisan dan komentar mereka pun menjadi silent reader.Mereka ada,mereka nyata,dan mereka biasanya pembaca yang Loyal.So,apakah di blog sobat ada juga silent reader?ataukah sobat adalah silent reader Yang Penting Share?Bagaimana opini sobat tentang keberadaan silent reader ini?

--FINISH--

0 komentar:

Posting Komentar