Sabtu, 11 Februari 2012

Ngetrendnya Parodi


{Tren} Parodi

suatu satir nan menghibur

andeca andeci,ovj,parodi,the hits

Anyway,sambil nunggu template laku,saya maen-maen keyoutube,dan ketemulah dengan video-video yang super kocak yang mana video itu adalah hasil parodi dari lagu-lagu dan musik yang lagi ngetrend saat ini.Ngomong-ngomong soal parodi,apaan sih parodi itu?

Menurut wikipedia,Parodi, dalam penggunaan yang umum, artinya adalah suatu hasil karya yang dipergunakan untuk memplesetkan, memberikan komentar atas karya asli, judulnya ataupun tentang pengarangnya dengan cara yang lucu atau dengan bahasa satir.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Linda Hutcheon seorang teoris literatur (2000: 7) puts it, "parody … is , not always at the expense of the parodied text." Seorang kritikus lainnya, Simon Dentith (2000: 9), mengartikannya sebagai "any cultural practice which provides a relatively polemical allusive imitation of another cultural production or practice."

Parodi dapat ditemukan pada karya-karya seni, termasuk literatur, musik, dan film bioskop. Misalnya Parodi yang ditulis oleh jurnalis yang dimuat di harian cetak maupun media massa lainnya.Parodi dari film -film ataupun lagu lagu yang sedang hits saat ini.Bahkan,tokoh tokoh terkemuka diduniapun sering diparodikan meski memgandung resiko terhadap apa yang diparodikan.

Di Indonesia sendiri,parodi seakan menjadi suatu trend apalagi sejak salah satu televisi swasta yang membuat program bernama "THE HITS",ataupun Pernah nonton Sentilan - Sentilun? Democrazy, Republik BBM? atau Program sejenis? di berbagai tv swasta nah itulah yang dinamakan parodi. You knowlah televisi mana ya kan?dengan membuat parodi baik dari masalah politik,seorang tokoh,problema dunia maupun lagu-lagu hits mancanegara maupun lokal,menjadikan suatu hiburan tersendiri baik bagi orang biasa maupun bagi para galauers.

Dibalik semua itu tentu ada dampak positif dan negatif dari suatu parodi.Beberapa dampak positif suatu parodi :

  • sebagai hiburan yang lucu dan menyehatkan (tertawa itu melancarkan peredaran darah loh)
  • sebagai media untuk menyindir sesuatu dengan bahasa halus (bahasa satir)
  • menguji kreativitas si parodikers
  • sebagai bentuk apresiasi dari suatu karya atau malah suatu kritik

Dampak negatifnya tentu saja ada,diantaranya:

  • Banyolan dan guyonan didalam nya bisa menjadi bumerang bagi siparodikers
  • membuat kita menyikapi sesuatu itu biasa dan tidak serius pada waktunya
  • tumpulnya emosi seperti hilangnya rasa iba atau marah.
  • Beresiko tinggi terhadap isu hak cipta suatu karya maupun nama baik

Terlepas dari semua dampak itu,saya sebagai penikmat parodi hanya menikmati kreativitas mereka dalam menggubah karya asli tanpa mengurangi isinya dan menjadikan suatu bahasa satir yang dikemas dalam kata-kata humor ataupun sindiran yang membuat kita tertawa atau tersenyum.Yups,parodi emang unik,dikatakan plagiat mereka bukan plagiat,tapi mereka hanya menunjukkan apresiasi mereka dari karya yang sesungguhnya,gimana?mau liat video-video parodi ataupun photo atau filmnya?cari aja digoogle yah,saya cuma nampilin sample aja disini,terutama OVJ dengan seven ikannya wkwkw.

*Finish*

0 komentar:

Posting Komentar