Rabu, 25 Januari 2012

Kenapa Pasta Gigi namanya Odol?

odol,coolgate,asal nama pasta gigi

Kenapa Namanya Odol?


Sejarah odol

odol,coolgate,asal nama pasta gigi

Perlu sobat yang penting share ketahui,Sejarah pasta gigi dimulai sejak 5.000 tahun yang lalu lewat peradaban Mesir Kuno. Ketika itu masyarakat Mesir Kuno membuat pasta gigi dengan bahan terbuat dari campuran kuku lembu jantan yang dihancurkan, tepung, batu apung, dan debu dari cangkang telur yang telah dibakar. Saat itu sikat gigi juga belum ditemukan, jadi membersihkan gigi pun dengan menggunakan jari-jari tangan.

Tidak terbayangkan bagaimana rasanya membersihkan gigi dengan ramuan tersebut di masa sekarang. Pastilah merasa jijik. Selain pada masa peradaban Mesir Kuno, ternyata orang-orang Persia pun menciptakan ramuan sejenis untuk membersihkan gigi. Cuma bedanya, mereka menambahkan bahan-bahan alami yang berasal dari tumbuhan untuk membuat pasta gigi bubuk. Penemuan bangsa Persia ini tercantum dalam naskah kuno, sekitar 1000 tahun lalu.

inovasi ODOL di berbagai Negara

Odol 'The Twin Lotus' adalah odol herbal atau yang komposisinya alami. Anda pasti biasa aja melihat odol ini karena bentuknya biasa. Ini alami tapi kalau anda tahu isinya pasti anda terkejut. Isinya adalah:

  1. Odol Coklat
    Di tahun 2005, Unilever Filipina mengeluarkan prodak limited edition yaitu odol yang berasa coklat. Odol Close up ini mungkin tidak terlalu aneh tetapi, penelitian dari Tulane University kandidat doktorArman Sadeghpour menunjukan isi dari odol ini adalah cocoa powder. dan Itu lebih efektif dari flouride di odol-odol biasa
  2. Odol Daging B*bi
    Daging b*bi menjadi makanan yang populer sekarang di Amerika sana. dan Semua orang punya produk yang terbuat dari Daging b*bi dari hanya sekedar makanan sampai prodak yang lain. Dengan odol yang berflouride yang membersihkan gigi anda, anda bisa merasakan kenikmatan rasa daging b*bi.Tapi tidak buat muslim seperti kita brow
  3. Odol Whiskey
    Ini termasuk odol yang unik. Odol ini mempunyai rasa yaitu beer. Atau rasa Whiskey. Anda bisa menikmati rasa scotch dan bourbon tanpa harus membelinya dengan beli ini aja udah bisa merasakan rasa whiskey.
  4. Two Ways Odol
    dua lubang jalan odol sangat menarik. Ini pas untuk orang yang kesulitan mengeluarkan odol dari wadahnya. Ketika si pemakai tidak bisa mendorong dari tempat ujung yang lain pemakai bisa mengeluarkan dari sisi terdekat odol. Ini sangat berguna mengeluarkan dari sisi lainya.
  5. Odol Berwana Hitam
    Odol ini ber-merkan 'Monkey'. Odol yang sangat menarik. Odol ini berisikan dari serbuk-serbuk yang alami. Ini bisa melezatkan juga menyehatkan. dan Tentunya ada black powder yang membuat odol ini berwarna hitam.
  6. Odol Lipstik
    Odol aneh ini bernamakan E-mail Diamant Rouge yang berasal dari prancis. Nah, sekarang odol yang memutihkan gigi adalah hal yang luar biasa. Bagaimana caranya odol berwana merah tua bisa memutihkan gigi?Begini caranya, odol yang berwarna merah ini mempunyai banyak clove/licorice/rasa mint, dan memberikan efek keputihan lebih dari odol biasa. Rahasianya keputihanya adalah cahya reflek dari gigi. Membuat gigi bersinar dan tidak berwarna merah sebagaimana warna odolnya
  7. Odol Sampanye
    Apabila anda lebih memilih sampanye dari pada whiskey. Odol ini pas untuk anda. Anda bisa merasakan rasa sampanye hanya $10 atau 100.000 kurang dalam rupiah.
  8. Odol Hitam dari Jepang
    Mungkin anda semua tidak tertarik dari hasil karya ini. Odol ini sangat berguna. Dari warnanya yang menggambarkan 'membersihkan' ternyata komposisinya juga membersihkan. Untuk menetralkan racun dalam tubuh juga bisa loh.
  9. Odol Es Krim
    Odol Tanner's Tasty membuat anda merasakan rasa es krim. Dibuat oleh seorang dokter gigi Janelle Holden, yang bercita-cita untuk membuat sikat gigi membersihkan tapi berkesan untuk anak-anak. Odol ini sangat enak. Ada 3 rasa dari odol es krim ini Cha Cha Chocolate(coklat),Banilla Bling dan Blingsicle yang berasakan vanilla dan jeruk

Penemu "ODOL"

odol,coolgate,asal nama pasta gigi

Odol pertama kali diproduksi di Jerman oleh Dresden Chemical Laboratory Lingner, yang sekarang lebih dikenal sebagai Lingner Werke AG. Inovasi pertama yang mereka ciptakan yaitu cairan pencuci mulut atau yang lazim kita kenal sekarang ini dengan sebutan mouthwash pada 1892. Karl August Lingner adalah sang penemu yang menciptakan Odol mouthwash dan dia adalah orang yang giat mengampanyekan "hidup higienis".

Dia juga dikenal sebagai orang pertama yang mengadakan International Hygiene Exhibition pada 1911. Berdirinya museum The German Hygyene Museum di Dresden pun atas inisiatif Karl. Jika kita menilik sejarah, ternyata Odol bukan yang pertama sebagai merek yang memproduksi massal pasta gigi. Di Amerika Serikat, penggunaan pasta gigi krim seperti yang sekarang kita gunakan baru ditemukan pada abad ke-19. Perusahaan Colgate yang ada di Amerika Serikat adalah perusahaan pertama yang memproduksi pasta gigi bentuk krim, lebih tepatnya oleh seorang William Colgate.

odol,coolgate,asal nama pasta gigi

Ya, nampaknya "Odol" ini diproduksi di Jerman dan terus berinovasi, tetapi berbeda dengan di Indonesia yang sudah lama tidak beredar lagi, di negara asalnya hingga saat ini pasta gigi "Odol" ini masih tetap eksis. Bahkan pasta gigi ’Odol’ ini juga dipasarkan di kawasan negara-negara Eropa seperti Ceko, Hungaria, Belanda dan sebagainya.

Pasta gigi "Odol" sudah berpuluh tahun yang lalu hilang dari peredaran di negeri kita, namun dia meninggalkan warisan kata yang masih digunakan hingga saat ini yaitu "odol" Makanya,mau apapun merk pasta giginya,orang indonesia udah terbiasa mengucapkan kata odol.Yah itulah asal mula kata "odol",semoga sobat yang penting share dapat info bermanfaat

SUMBER INSPIRASI

0 komentar:

Posting Komentar