Minggu, 25 Maret 2012

Sumpah Ini Pocong ?

Inikah Pocong?


Pocong Oh pocong. Hantu Asli Indonesia ini tengah jadi pergunjingan di dunia perfilman indonesia.Dari hasil survey,Pocong adalah salah satu hantu paling exis dan narsis di Indonesia,itu terbukti dari berbagai film yang dibintanginya, Di antaranya: POCONG 1 sampai POCONG 5, SUMPAH POCONG,POCONG KAMAR SEBELAH,POCONG JALAN BLORA, 40 HARI BANGKITNYA POCONG, TALI POCONG PERAWAN, DENDAM POCONG MUPENG, SUMPAH INI POCONG, POCONG VS KUNTILANAK, SUSUK POCONG, POCONG KELILING, POCONG NGESOT, POCONG JUM'AT KLIWON, POCONG MANDI GOYANG PINGGUL, THE REAL POCONG, DLL. Bahkan baru-baru ini pocong impor akan segera main film,yaitu pocongnya Mr.Bean yang akan duet dengan dewi persik.

Bagaimana dengan mitos yang ada dimasyarakat?. Konon Katanya, Pocong adalah hantu (yang juga terkenal dimalaysia dengan nama Hantu Bungkus) yang berasal dari manusia yang mati, yang ketika dikubur tali pocongnya tidak dilepas. Maka dalam banyak pengalaman warga di Indonesia, si mayat akan gentayangan dalam wujud pocong untuk minta dibukakan tali pocongnya.

Penggambaran pocong bervariasi. Dikatakan, pocong memiliki wajah berwarnah hijau dengan mata yang kosong. Penggambaran lain menyatakan, pocong berwajah rata dan memiliki lubang mata berongga atau tertutup kapas dengan wajah putih pucat. Mereka yang percaya akan adanya hantu ini beranggapan, pocong merupakan bentuk protes dari si mati yang terlupa dibuka ikatan kafannya sebelum kuburnya ditutup.

Kepercayaan Masyarakat

Meskipun pocong dalam film sering digambarkan bergerak melompat-lompat, mitos tentang pocong malah menyatakan pocong bergerak melayang-layang.

Hal ini bisa dimaklumi, sebab di film-film pemeran pocong tidak bisa menggerakkan kakinya sehingga berjalannya harus melompat-lompat.

Keadaan ini pula yang menimbulkan suatu pernyataan yang biasa dipakai untuk membedakan pocong asli dan pocong palsu dimasyarakat.Kepercayaan akan adanya hantu pocong hanya berkembang di Indonesia, terutama di Jawa dan Sumatera.

Walaupun penggambarannya mengikuti tradisi muslim, umat beragama lain pun ternyata dapat mengakui eksistensi hantu ini.

Menurut kepercayaan masyarakat, hanya ada 2 cara untuk melepaskan diri bila dikejar oleh pocong.

cara pertama adalah "bersetubuh dengan bumi"(bahasa malay) atau yang biasa disebut tiarap.

Cara kedua adalah jalan berkelok-kelok layaknya cacing. Kedua cara ini diyakini sangat efektif oleh masyarakat diberbagai daerah.

Pocong sering kali mewarnai cerpen atau roman bertema misteri. Dalam sinema nasional Indonesia bergenre horor, pocong bahkan sering kali dihadirkan. Beberapa bahkan menggunakannya sebagai judul, seperti yang saya sebutkan sebelumnya.

Bahkan di dunia jejaring sosial,seorang remaja galau menggunakan nama alias Pocongg untuk merebut jutaan fans dan bahkan ada blog yang menggunakan pocong yang digambarkan lucu sebagai ikon blognya, sungguh fenomena fans aneh.Dalam parade ogoh-ogoh sebelum perayaan Nyepi di Bali, umpamanya, wujud pocong kerap diwujudkan, biasanya oleh kelompok masyarakat non-Hindu.

APAKAH ANDA PERCAYA AKAN INI SEMUA?

Keberhasilan setan dalam memperdaya dan membalikkan keyakinan dan kepercayaan manusia tentang hantu begitu sukses, terutama untuk jenis hantu yang satu ini. Pocong dapat dikatakan hantu yang paling populer. Hal ini terbukti dengan begitu suksesnya dan maraknya pembuatan film nasional yang bertokoh utama "POCONG" yang menghantui dan meneror para gadis seksi.

Yang sangat disayangkan film-film horror indonesia sekarang, selain mempengaruhi keimanan dengan hadirnya sang artis kondang dunia lain ini,ternyata juga mengumbar nafsu yang jelas-jelas bagian dari nafsu setan. Astaghfirullah, semoga kita dan sineas indonesia cepat tersadar.Bagaimana dengan Opini anda? Anda takut pocong juga?(YPS/Finish)

Fakta Pocong

  • Pocong itu imut-imut gimana gitu, mereka punya simpul di kepalanya.
  • Pocong gak bisa ngupil, dan enggak akan ngupil : tangannya diiket, jadi gabisa ngupil mereka gaperlu ngupil, toh mereka juga enggak nafas
  • Pocong benci hujan dan becek. Mereka cuma punya satu baju, dan mereka jadi mudah terpeleset, gitudeh
  • Pocong itu pemanjat yang baik, walau tanpa tangan. Apa lagi kalo ada ustad
  • Pocong sulit pup dan tidak akan pup
  • Pocong tidak pernah suit dan tidak akan suit, kecuali jika dia berteman dengan kuntilanak
  • Pocong pake sendal,Kadang sepatu
  • Pocong itu Amfibi, mereka bisa hidup di dua alam
  • Pocong aslinya bisa sebagai pengganti guling. Kita aja yang enggak mau.
  • Pocong bisa membuat satu kompi tentara menghilang, dengan mengucapkan satu kata. Apapun itu.
  • Pocong tidak bisa ikut Indonesian idol. Pokoknya enggak bisa.

0 komentar:

Posting Komentar